23 November, 2010

MANAJEMEN PELAYANAN ANGKUTAN PENUMPANG UMUM


Pokok Bahasan

§ Peran APU

§ Tujuan Manajeman APU

§ Dasar hukum penyelenggaraan pelayanan APU

§ Pihak yg terkait dalam pelayanan angkutan penumpang umum

§ Permasalahan

§ Upaya yang dapat dilakukan

a. Peran APU

Peran pokok APU adalah:

· Menyediakan pelayanan bagi masyarakat yg tidak dapat menggunakan angkutan pribadi

· Sebagai pelayanan alternatif bagi pengguna kendaraan pribadi

· Efisiensi sistem transportasi

· Konservasi lingkungan

· Fungsi sosial lainnya

b. Tujuan Manajeman APU

Menciptakan pelayanan angkutan yang baik (dapat memberikan kompromi maksimum terhadap kepentingan yang ada)

c. Dasar hukum penyelenggaraan pelayanan APU

§ UU nomor 22 tahun 2009

§ PP 41 tahun 1993

§ KM 35 tahun 2005

d. Pihak yg terkait dalam pelayanan angkutan penumpang umum

§ Penumpang

§ Penyedia jasa

§ Masyarakat lain

§ Pemerintah

e. Permasalahan

1. Kondisi Pelayanan Konvensional

o Pelayanan tidak terjadwal

o Jarak berjalan kaki

o Fasilitas berjalan kaki belum tersedia/kurang baik

o Belum tersedia fasilitas menunggu yang memadai

o Waktu perjalanan sangat panjang yang disebabkan oleh:

ü Banyak perhentian

ü Perhentian yang tdk perlu

ü Kemacetan lalu lintas

ü Berjalan pelan dikarenakan mencari penumpang

o Pelayanan kurang nyaman yg disebabkan oleh:

ü Penumpukan penumpang sebagai akibat rendahnya kapasitas praktis (sistem operasi, kemacetan, pola trayek)

ü Cara mengemudi (berjalan, berhenti, dan menyalip) kurang baik

ü Kondisi fisik kendaraan kurang baik

ü Standar dan konfigurasi tempat duduk kurang baik

o Cara pembayaran kurang nyaman

2. Kondisi Pelayanan Moderen

o Jadwal masih belum sepenuhnya bisa diakses oleh masyarakat

o Bus bunching

o Daily and monthly ticketing

o Subsidy

f. Upaya yang dapat dilakukan

1. Kondisi Pelayanan Konvensional

o Pelayanan tidak terjadwal à pendajwalan * tahapan

o Jarak berjalan kaki à menambah lintasan trayek atau mengurangi Lwt

o Fasilitas berjalan kaki belum tersedia/kurang baik à bangun

o Belum tersedia fasilitas menunggu yang memadai à bangun

o Waktu perjalanan sangat panjang yang disebabkan oleh:

ü Banyak perhentian à penetapan halte

ü Perhentian yang tdk perlu à penjadwalan

ü Kemacetan lalu lintas à

o Bus lane

o Bus only lane

o Contra flow system

o Segregated bus lane

o ITS (di persimpangan berAPIL)

o Bus toll road

o Traffic restraint/TDM

ü Berjalan pelan dikarenakan mencari penumpang à penjadwalan

o Pelayanan kurang nyaman yg disebabkan oleh:

ü Penumpukan penumpang sebagai akibat rendahnya kapasitas praktis (sistem operasi, kemacetan, pola trayek)

ü Cara mengemudi (berjalan, berhenti, dan menyalip) kurang baik

ü Kondisi fisik kendaraan kurang baik

ü Standar dan konfigurasi tempat duduk kurang baik

o Cara pembayaran kurang nyaman

2. Kondisi Pelayanan Moderen

o Jadwal masih belum sepenuhnya bisa diakses oleh masyarakat

o Bus bunching

o Daily and monthly ticketing

o Subsidy

Tidak ada komentar: